Berdasarkan SK Dirjen Pendidikan Dasar dan Menegah No 130 Tahun 2017 Tentang Struktur Kurikulum Pendidikan Menengah Kejuruan (Kurikulum 2013 Rev.2017), mata pelajaran dasar program teknik komputer dan informatika atau dikenal dengan istilah C2 yaitu:

  1. Komputer dan jaringan dasar
  2. Pemrograman dasar
  3. Desain-desain grafis
ketiga mata pelajaran, akan dipelajari pada kompetensi:
  1. Rekayasa perangkat lunak (RPL)
  2. Teknik komputer dan jaringan (TKJ)
  3. Multimedia (MM)
  4. Sistem informatika, jaringan dan aplikasi
Adapun materi pada masing-masing mapel C2:
Komputer dan Jaringan Dasar
SEMESTER 1

SEMESTER 2
1
Menerapkan kesehatan, keselamatan dan keamanan kerja berdasarkan lingkungan kerja

8
Mengevaluasi jaringan komputer
2
Mengevaluasi anatomi komputer

9
Mengevaluasi IP Address pada jaringan komputer
3
Menerapkan sistem operasi

10
Mengevaluasi sharing sumber daya pada jaringan komputer
4
Menerapkan driver komputer

11
Mengevaluasi koneksi internet
5
Menerapkan software aplikasi

12
Mengevaluasi jaringan lokal (LAN)
6
Mengevaluasi perawatan komputer

13
Mengevaluasi perawatan jaringan lokal (LAN)
7
Mengevaluasi permasalahan komputer

14
Mengevaluasi permasalahan jaringan lokal (LAN)

Pemrograman Dasar
SEMESTER 1

SEMESTER 2
1
Menerapkan alur logika pemrograman komputer

8
Menganalisis penggunaan array untuk penyimpanan data di memori
2
Memahami bahasa pemrograman

9
Menerapkan penggunaan  fungsi
3
Menerapkan alur pemrograman

10
Menerapkan pembuatan antar muka (User Intreface) pada aplikasi
4
Menerapkan penggunaan tipe data, variabel, konstanta, operator, dan ekspresi

11
Menerapkan berbagai struktur kontrol dalam aplikasi antar muka (User Intreface).
5
Menerapkan operasi aritmatika dan  logika

12
Menganalisis pembuatan aplikasi sederhana berbasis antar muka (User Intreface)
6
Menerapkan struktur kontrol Percabangan dalam bahasa pemrograman

13
Mengevaluasi debuging aplikasi pada sederhana
7
Menerapkan struktur kontrol Perulangan dalam bahasa pemrograman

14
Mengevaluasi paket installer aplikasi sederhana

Desain-desain Grafis
SEMESTER 1

SEMESTER 2
1
Memahami layout dan komposisi

7
Menerapkan  fitur efek pada gambar berbasis vektor
2
Memahami  fungsi dan format warna

8
Menerapkan desain berbasis vektor
3
Menerapkan prinsip-prinsip tata letak, antara lain : proporsi, irama (rythm), keseimbangan, kontras, kesatuan (unity), dan harmoni dalam pembuatan desain grafis

9
Menerapkan perangkat lunak pengolah gambar berbasis bitmap
4
Memahami format gambar

10
Menerapkan fitur efek pada gambar berbasis bitmap
5
Menerapkan prosesedur scanning gambar/ ilustrasi/teks dalam desain

11
Menerapkan desain berbasis bitmap dan vektor
6
Menerapkan  perangkat lunak pengolah gambar berbasis vektor

12
Mengevaluasi desain berbasis vektor dan bitmap