- Komputer dan jaringan dasar
- Pemrograman dasar
- Desain-desain grafis
ketiga mata pelajaran, akan dipelajari pada kompetensi:
- Rekayasa perangkat lunak (RPL)
- Teknik komputer dan jaringan (TKJ)
- Multimedia (MM)
- Sistem informatika, jaringan dan aplikasi
Adapun materi pada masing-masing mapel C2:
Komputer dan Jaringan Dasar
SEMESTER 1
|
SEMESTER 2
|
|||
1
|
Menerapkan kesehatan, keselamatan dan keamanan kerja
berdasarkan lingkungan kerja
|
8
|
Mengevaluasi jaringan komputer
|
|
2
|
Mengevaluasi anatomi komputer
|
9
|
Mengevaluasi IP Address pada jaringan komputer
|
|
3
|
Menerapkan sistem operasi
|
10
|
Mengevaluasi sharing
sumber daya pada jaringan komputer
|
|
4
|
Menerapkan driver komputer
|
11
|
Mengevaluasi koneksi internet
|
|
5
|
Menerapkan software aplikasi
|
12
|
Mengevaluasi jaringan lokal (LAN)
|
|
6
|
Mengevaluasi perawatan komputer
|
13
|
Mengevaluasi perawatan jaringan lokal (LAN)
|
|
7
|
Mengevaluasi permasalahan komputer
|
14
|
Mengevaluasi permasalahan jaringan lokal (LAN)
|
Pemrograman Dasar
SEMESTER 1
|
SEMESTER 2
|
|||
1
|
Menerapkan alur logika pemrograman komputer
|
8
|
Menganalisis penggunaan array untuk penyimpanan
data di memori
|
|
2
|
Memahami bahasa pemrograman
|
9
|
Menerapkan penggunaan fungsi
|
|
3
|
Menerapkan alur pemrograman
|
10
|
Menerapkan
pembuatan antar muka (User Intreface)
pada aplikasi
|
|
4
|
Menerapkan penggunaan tipe data, variabel,
konstanta, operator, dan ekspresi
|
11
|
Menerapkan
berbagai struktur kontrol dalam aplikasi antar muka (User Intreface).
|
|
5
|
Menerapkan operasi aritmatika dan logika
|
12
|
Menganalisis
pembuatan aplikasi sederhana berbasis antar muka (User Intreface)
|
|
6
|
Menerapkan struktur kontrol Percabangan dalam
bahasa pemrograman
|
13
|
Mengevaluasi debuging
aplikasi pada sederhana
|
|
7
|
Menerapkan struktur kontrol Perulangan dalam
bahasa pemrograman
|
14
|
Mengevaluasi paket installer
aplikasi sederhana
|
Desain-desain Grafis
SEMESTER 1
|
SEMESTER 2
|
|||
1
|
Memahami
layout dan komposisi
|
7
|
Menerapkan fitur efek pada gambar berbasis vektor
|
|
2
|
Memahami fungsi dan format warna
|
8
|
Menerapkan
desain berbasis vektor
|
|
3
|
Menerapkan
prinsip-prinsip tata letak, antara lain : proporsi, irama (rythm), keseimbangan, kontras,
kesatuan (unity), dan harmoni dalam
pembuatan desain grafis
|
9
|
Menerapkan
perangkat lunak pengolah gambar berbasis bitmap
|
|
4
|
Memahami
format gambar
|
10
|
Menerapkan
fitur efek pada gambar berbasis bitmap
|
|
5
|
Menerapkan
prosesedur scanning gambar/
ilustrasi/teks dalam desain
|
11
|
Menerapkan
desain berbasis bitmap dan vektor
|
|
6
|
Menerapkan perangkat lunak pengolah gambar berbasis vektor
|
12
|
Mengevaluasi
desain berbasis vektor dan bitmap
|
0 Comments
Posting Komentar